Blog Pintar Indonesia

Under Construction...

Blog Mesin Uang ?


Apa itu blog pintar ? Menurut saya adalah blog yang mendatangkan manfaat dan menambah pengetahuan bagi para pengunjungnya. Tapi jika blog itu juga mendatangkan penghasilan bagi pemilik dan para pengunjungnya, itu tidak hanya pintar tapi juga jenius! Ikuti saja blog ini...

Mari Bergabung

Di blog ini Anda akan mendapatkan informasi bagaimana mengelola blog yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan di sela-sela waktu luang Anda di rumah atau bahkan di kantor. Di dunia internet cuma ada dua pilihan: menjadi browser sejati atau sebagai browser sekaligus pengusaha online. Pilih mana...

Rahasia Ngeblog Dapat Duit di Blogspot (Updated 4 April 2009)

Ngeblog dapat duit ? Mungkin Anda sudah tahu atau malah tidak tahu sama sekali. Artikel ini membahas bagaimana cara-cara yang paling praktis dan efektif menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya mengelola blog dan terbukti menghasilkan uang buat saya. Jangan buang kesempatan, apalagi pengguna internet makin meluas di Indonesia, jadikan mereka "klien-klien" Anda yang menghasilkan uang untuk Anda. Jika Anda tahu caranya kenapa harus menunggu mereka yang nanti mendahului Anda.


Ngeblog Sebagai Bisnis Sambilan
Kalau Anda sudah lama mengenal internet tentu mengenal apa yang namanya blog. Bahkan mungkin ketika Anda mulai membaca artikel ini mungkin Anda sudah memiliki blog, satu, dua, tiga, atau bahkan untuk alasan tertentu ada orang yang bahkan punya puluhan blog. Hmm gimana ngelolanya, ya ? Saya sendiri sampai saat ini hanya serius mengelola tiga blog. Dua di blogspot (blogger.com) dan satunya lagi di Multiply (multiply.com). Yang di multiply sifatnya terbatas yaitu untuk komunitas kantor saya, teman-teman saya, maupun juga keluarga alias fully non-commercial. Untuk yang di blogspot, ehm, yang satu ini disamping untuk menyalurkan hobi menulis saya, tentu saja untuk mencari penghasilan tambahan - hehehe. Saya tiap bulannya menerima gaji dari profesi saya sebagai seorang engineer dengan pengalaman hampir 10 tahun. Tapi buat saya yang sudah berkeluarga dengan dua anak yang namanya gaji itu sudah ada posnya masing-masing. Sekolah anak, susunya, asuransi pendidikannya, tabungan pensiun, cicilan rumah, kendaraan, bayar kartu kredit, beli bensin, sekali-kali ngajak anak istri makan di luar, belum lagi kalo ada yang sakit dan harus ke dokter. Waks ! Kalopun nyisa paling dikit, seringnya tekor. Hehehe. Tapi untunglah, masih ada bonus dari kantor, THR, dan kadang-kadang dapet sambilan di luar. Tapi tetap saja rutinitas ini tidak membuat saya merasa aman dalam hal finansial. Makin hari kebutuhan makin banyak, anak makin besar, makin pintar (minta duit), sekolahnya makin mahal, dan harga-harga kebutuhan pokok yang kayaknya gak pernah gak naik. Tidak ada salahnya saya mulai memikirkan sumber penghasilan lain yang tentu saja tidak boleh mengganggu rutinitas mapan saya sehari-hari sebagai orang kantoran (setidaknya sampai hari ini).

Saya tidak menjanjikan Anda akan menjadi jutawan atau miliarder dari mengelola blog atau bisnis online lainnya, karena saya sendiri belum pernah membuktikannya - setidaknya sampai hari ini. Satu blog saya memang terbukti menghasilkan uang untuk saya, tapi belum cukup untuk dikatakan bahwa saya telah menjadi jutawan apalagi miliarder dari bisnis online di internet. Saya juga tidak akan membuat Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini untuk sepenuhnya berbisnis online atau dengan membuat blog. Tidak! Tapi silahkan Anda googling dengan keyword-keyword seperti "internet millionaire" atau "make money with internet" atau lainnya yang mirip-mirip dengan itu. Anda akan menemukan kisah-kisah nyata para netter dan blogger yang menjadi jutawan atau bahkan miliarder dari blog-blog atau bisnis online lain yang dikelolanya. Banyak pula yang rela berprofesi sebagai full-time internet marketer sebagai sumber mata pencarian utamanya. Bukan tidak mungkin Anda atau saya akan menjadi salah satu dari mereka. Jika kita mau berusaha seperti mereka, tidak ada yang tidak mungkin bukan ? Tapi, sampai saat ini kerangka berpikir saya masih sebatas bahwa menulis blog ini sebagai usaha sampingan saja.

Uang Hanya Menghampiri Blog yang Ramai Pengunjung
Saya menulis artikel ini bukan untuk menggurui Anda atau merasa bahwa sayalah yang paling jago di dunia blogger Indonesia. Tidak sama sekali. Saya bukan siapa-siapa. Mungkin di jagad blogger Indonesia pun nama saya juga tidak dikenal. Saya hanya berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan dari misalnya mengelola blog. Anda bisa menemukan cara bagaimana membuat blog dan bagaimana menghasilkan uang dari blog Anda dengan cara bertanya pada om Google. Memang informasi itu berserakan dan sulit untuk blogger pemula memutuskan untuk mulai dari mana dan mana yang terbaik untuk dilakukan.

Seorang artis mungkin tidak perlu bersusah payah membuat blognya ramai dikunjungi orang. Atau tidak heran blog dari seorang politikus dikunjungi ribuan orang tiap harinya karena memang dia sering nongol di acara-acara TV. Tapi seperti juga saya, nama Anda tidak pernah masuk tabloid apalagi masuk TV. Anda harus tahu cara-cara bagaimana membuat blog Anda ramai dikunjungi orang. Sulit ? Tidak ! Banyak blogger mundur di tengah jalan karena putus asa melihat nasib blognya yang sepi pengunjung. Untuk blogger yang membuat blog hanya sebagai blog pribadi, komunitas, buku harian, tempat curhat, atau ajang mengekspresikan diri tidaklah menjadi soal. Tapi untuk saya dan Anda yang dari awal memang berniat membuat blog yang menghasilkan uang tentu saja sangat mengecewakan. Sekali lagi, pengunjung yang ramai adalah satu-satunya syarat agar blog Anda bisa menghasilkan uang.

Perbanyak Update Blog
Makin sering Anda mengupdate blog Anda, makin sering robot-robot mesin pencari seperti Google mencatat blog Anda. Ini syarat paling mutlak! Kalo Anda malas menulis jangan harap blog Anda akan tampil di halaman-halaman pertama hasil search Google atau di mesin pencari lainnya. Jika alasan Anda adalah sulit mendapatkan ide untuk menulis menurut saya itu salah besar. Anda tidak perlu menjadi wartawan dadakan untuk menulis artikel atau berpikir keras memeras otak untuk menulis artikel kecuali waktu Anda akan habis untuk itu dan justru pekerjaan utama Anda akan terbengkalai.

Internet Sumber Informasi
Internet adalah mega database raksasa dimana Anda bisa dapatkan informasi tentang apa saja. Saya pernah menulis suatu artikel yang tadinya terbayang di pikiran saja tidak. Contohnya soal pohon yang bisa berjalan. Dimana saya dapatkan artikel ini ? Di Wikipedia ! Yup, betul sekali, salah satu gudang informasi adalah di wikipedia. Menjiplak dong ? Tidak ! Bahkan kalaupun Anda cuma pake jurus copy-paste pun tidak akan ada yang protes. Kalau saya pake jurus aman. Saya biasanya akan baca satu artikel menarik di wikipedia atau dimana saja sampai selesai. Kadang-kadang saya harus membacanya dua-tiga kali sampai saya paham benar isinya. Lalu saya akan buat posting baru di blog saya dengan gaya bahasa saya sendiri berdasarkan yang saya pahami dari yang saya baca tadi. Untuk gambar-gambar atau video pendukungnya saya comot dengan tetap memberikan link sumbernya. Jadilah posting baru ! Apakah ini menjiplak ? Tidak ! Ini sama halnya dengan ketika Anda dulu menulis skripsi atau makalah dimana kemudian Anda mencantumkan referensi di akhir skripsi atau makalah Anda. Atau lihatlah buku-buku yang Anda miliki, biasanya di halaman akhirnya dicantumkan daftar sumber-sumber referensinya. Manfaatkan mesin pencari seperti Google untuk mencari bahan artikel yang Akan tulis.

Pilih Tema Blog yang Laku
Jika Anda sudah mulai rajin menulis blog, itu berita baik. Tapi kalau yang Anda tulis ternyata hanya segelintir orang yang tertarik tentunya juga percuma saja. Karena Anda ingin memperoleh penghasilan dari blog sekali lagi syaratnya blog Anda harus ramai pengunjungnya. Disamping rajin mengupdate Anda harus memilih tema yang laku dicari orang di internet. Berdasarkan pengalaman saya, inilah tema-tema yang paling dicari di internet:

1. Bisnis Internet
Tidak bisa dipungkiri banyak orang sekarang melirik internet sebagai sumber penghasilan baru. Hits pengunjung pada blog-blog yang berisikan bagaimana berbisnis di internet selalu tinggi. Tunggu apalagi, cari bahan-bahannya di om Google, tapi ingat, usahakan jangan menjiplak! Pakai trik saya di atas.

2. Tips dan Trik Blog
Makin hari blog makin populer seiring makin berkembang pesatnya penetrasi internet di masyarakat. Otomatis orang akan banyak mencari informasi bagaimana membuat blog dan mempercantik blognya. Ini juga bahannya bejibun ada di internet. Googling saja.

3. MP3 Gratisan
Sudah biasa disini orang cari yang gratisan termasuk lagu-lagu. Lagu-lagu mp3 banyak Anda temukan di situs-stus warehouse seperti rapidshare.com, 4shared.com, ziddu.com dan lainnya. Anda tinggalkan tautkan link download-nya saja di blog Anda dan tambahkan informasi dikit-dikit mengenai artisnya. Masalah hak cipta itu urusan Anda sama yang di Atas. Hehehe... Tapi sebenarnya justru dengan cara seperti inilah artis-artis itu tambah beken dan karena makin beken dan lagu-lagunya makin dikenal jadinya makin banyak tawaran manggung. Ya, nggak, sih?

4. Gadgets Terbaru
Sekarang jamannya gadget digital. Setiap hari banyak yang mencari tahu apa handphone keluaran terbaru Nokia atau Sony-Ericsson misalnya. Atau Ipod dan mp3 player lainnya, kamera digital, dvd player, dan gadget-gadget lainnya. Informasi gadget-gadget terbaru seperti ini juga sangat banyak di internet.

5. Blog Lowongan Kerja
Bukan rahasia lagi masih banyak orang yang belum bekerja. Dari yang cuma lulusan SMU sampai yang bertitel S3 saat ini masih mengadu nasib dengan melamar kesana kemari untuk mendapatkan pekerjaan. Tampilkan informasi lowongan-lowongan pekerjaan baru di blog Anda. Bahannya dari mana ? Banyak, satu contoh saja, beli koran Kompas hari Sabtu dan Minggu. Banyak sekali informasi lowongan pekerjaan di sana. Anda tinggal salin. Sebisa mungkin cantumkan sumbernya dan jangan sampai salah kutip!

6. Blog Pintar
Apa itu blog pintar? Contohnya adalah blog ini. Banyak informasi-informasi ringan dan bermanfaat di sini. Anda bisa temukan banyak artikel-artikel menarik tentang segala hal di dunia ini di wikipedia. Dari pohon yang bisa berjalan sampai skor pertandingan catur antara Gary Kasparov melawan Superkomputer IBM Deep-Blue lengkap dengan gambar-gambar pendukungnya.

Dan masih banyak lagi tema-tema spesifik yang bisa Anda tentukan sendiri. Yang perlu Anda ingat adalah pasar Anda adalah masyarakat Indonesia (kecuali Anda menulis blog dalam bahasa asing), jadi setidaknya berpikirlah kira-kira informasi apa yang sering dicari para netter Indonesia.

Nama (Judul) Blog Yang Tepat
Keyword pada URL adalah hal yang penting untuk search engine. Pastikan URL blog Anda berisikan keyword utamanya. Usahakan nama atau judul blog ini pendek dan mudah diingat. Jika nama blog Anda terpaksa harus panjang lebih baik pisahkan dengan karakter hypen (-) karena lebih mudah dibaca. Misalnya sebuah blog akan lebih mudah dibaca dengan nama blog-mesin-uang daripada blogmesinuang. Blog ini akan lebih mudah ditemukan orang di search engine dengan keyword "mesin uang" misalnya. Atau misalnya nama blog lowongan-kerja-terbaru akan lebih mudah dibaca orang ketimbang lowongankerjaterbaru. Coba Anda perhatikan tiga URL berikut ini:
- www.expertsexchange.com (website ini sekarang statusnya disabled)
- www.penisland.net (yang ini masih online, tapi di sini bukan website tempatnya parade -maaf- penis)
- www.powergenitalia.com (website yang menjual generator listrik di Italia ini juga tiba-tiba statusnya jadi under construction)
Hehehe. Jadi, jangan paksakan nama blog Anda yang panjang menjadi susah atau tidak enak dibaca atau malah salah dibaca. Salah-salah blog kita malah dikira blog pornografi. Jangan takut, karena search engine seperti Google bisa membedakan karakter hypen (-) dan tidak menganggapnya sebagai bagian dari nama blog. (Catatan: tips ini ditujukan untuk Anda yang baru akan memulai membuat blog dan bukan untuk yang sudah lama membuat blog yang telah lama di-indexed oleh search engine, apalagi yang telah banyak memiliki backlinks. Karena jika Anda merubah nama Blog Anda sama saja Anda mulai dari nol lagi.)

Percantik Blog
Karena informasinya kurang tepat ada yang membuat blog seadanya, dengan penampilan default dan ditambah konten yang tidak jelas meski sering di-update. Blog seperti ini hanya akan dikunjungi oleh teman Anda, istri, saudara, tetangga atau paling banter temannya teman Anda, temannya istri, temannya saudara, temannya tetangga. Berapa jumlah mereka semua. Lima puluh, seratus, lima ratus, atau - kalau Anda ini ternyata orang paling gaul - seribu ? Seribu pengunjung yang itu-itu saja saja tidak akan cukup membuat blog Anda menghasilkan uang (kecuali recehan doang). Adapula yang membuat blog super canggih dengan plugin-plugin javascript di sana-sini, widget-widget yang canggih, animasi-animasi flash yang canggih tapi konten blognya sendiri hanya diupdate seminggu sekali, dua minggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Bahkan istri Anda pun akan kapok mengunjungi blog Anda karena miskin informasi dan loading time-nya yang berat! Berinteraksilah dengan pengunjung blog Anda. Sediakan fasilitas untuk komentar atau polling-polling menarik yang membuat pengunjung blog Anda seperti berada di rumah sendiri! Kesimpulannya, percantiklah tampilan blog Anda dengan secukupnya saja. Seperti cara dandan yang benar, tipis-tipis saja tapi kelihatan cantik elegan dan tidak menor!

Pasang Iklan PPC (Pay Per-Click)
Blog Anda sudah mulai dibanjiri pengunjung tapi percuma saja kalo Anda tidak menjual apa-apa di blog Anda! Kalo Anda punya produk sendiri itu awal yang sangat bagus. Misalnya kebetulan saya adalah sorang pekerja di bidang IT. Saya biasa bikin aplikasi atau software untuk pc dan juga internet, maka saya pasang banner yang menawarkan konsultasi di bidang itu. Hasilnya saya baru-baru ini mendapat satu order pembuatan aplikasi yang nilainya lumayan. Apa lagi ? Tidak ada ? Jangan takut ! Di luar sana banyak orang yang pengen produk-produknya diiklankan di blog Anda. Anda tinggal meluncur biro-biro iklan online yang menjadi jembatan penghubung antara mereka-mereka yang ingin memasarkan produknya dan kita-kita yang punya "space iklan". Ada beberapa biro iklan online di Indonesia yang semua prinsipnya sama. Mereka menyediakan banyak pengiklan-pengiklan yang produknya siap dipajang di blog kita. Lalu bagaimana kita dibayar ? Mudah saja, biro iklan tersebut akan memberikan kita script-script khusus yang nantinya dipasang di blog kita. Script-script ini akan menampilkan iklan-iklan di blog kita. Setiap ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka kita akan dibayar. Mudah kan ? Bagaimana cara menaruh script-script iklan itu di blog kita ? Silahkan googling dengan keyword misalnya "How to embedd html script in blogspot". Gampang banget, kok. Cuma saran saya, jangan gunakan penyedia blog gratisan seperti wordpress.com yang melarang kita menaruh script di blog. Jika tetap ingin yang gratisan (kayak saya, hehehe) gunakanlah blogspot (blogger.com). Anda bebas menaruh scrip html atau javascript apa saja di layanan blog gratis ini. Lalu biro iklan Indonesia apa saja yang recommended dan gratis untuk kita jadikan partner ? Ini beberapa diantaranya:
1. Adsense-Camp
2. Kumpul-Blogger
3. Klik-Saya
4. ppc-indo
5. Google-Adsense
Program PPC dari Google ini sebenarnya adalah yang paling direkomendasikan karena bayarannya yang paling besar dibanding biro-biro iklan online di atas dan yang jelas reputasinya tidak diragukan lagi. Sayangnya Google tidak (belum) mengijinkan blog berbahasa Indonesia untuk memasang iklan-iklannya. Kecuali kalau blog Anda berbahasa Inggris maka program Google adsense ini wajib hukumnya. Tapi google masih mengijinkan blog berbahasa Indonesia untuk memasang iklannya tapi dalam mode "Google Search". Perhatikan kotak search di blog ini. Jika Anda melakukan search maka Google akan menampilkan hasil searchnya sekaligus menyisipkan iklan-iklan yang berhubungan dengan keyword search-nya. Ada satu cara lagi yaitu melalui RSS feed di blog kita. Buat feed blog Anda di situs seperti feedburner.com atau dengan menggunakan feed default dari blogspot dan daftarkan di Google pada iklan mode feed. Setiap ada yang mengakses RSS feed kita, Google akan menyisipkan iklan-iklannya. Setiap kliknya Anda akan dibayar sejumlah uang dalam Dollar. Hmm, lumayan kan...

Segera meluncurlah kesana dan daftarlah sebagai publisher, ikuti panduan bagaimana membuat script-script iklannya, mudah dan gratis, kok.



Adsense Indonesia
kumpul blogger


Menulis Review
Kadang-kadang ada blogger yang pengen blognya dibahas di blog kita. Atau ada produsen yang ingin produknya direview di blog kita. Dan untuk itulah kita dibayar. Kita bisa mendaftar ke biro iklan online yang memfasilitasi ini. Jika kita mendaftar (gratis), maka biro iklan ini akan mencarikan kita pihak-pihak yang ingin produknya atau blognya atau websitenya direview dalam suatu artikel di blog kita. Mudah kan ? Dan yang jelas kita mendapatkan penghasilan tambahan dari blog kita. Sampai saat ini di Indonesia biro iklan yang melayanai menulis review adalah sbb:
1. Ad-review-camp
2. Review-mu


Paid Review Indonesia
Reviewmu.com


Afiliasi
Afiliasi artinya kita bekerja sama dengan pihak lain untuk menjual produknya dan kita langsung mendapat komisi dari nilai penjualan produknya. Bedanya dengan iklan PPC adalah pengunjung blog kita harus membeli produk afiliasinya dulu baru komisi kita dibayar. Jadi meski diklik berkali-kali tapi pengunjung tersebut tidak membeli produknya ya kita tidak akan dibayar. Tapi justru metode afiliasi seperti inilah yang terbukti mendatangkan penghasilan yang besar seperti pengalaman saya selama ini dalam mengelola blog dan bisnis online lainnya. Tapi untuk model bisnis yang satu ini, tidak seperti iklan PPC, Anda harus merogoh kocek Anda. Jangan takut rugi, dan tidak mahal, apalagi jika dibandingkan prospek penghasilan yang Anda akan dapatkan. Anda akan terkaget-kaget jika dalam waktu yang sangat singkat (hitungan hari) modal Anda akan kembali dan terus akan bertambah tanpa Anda melakukan apa-apa (kecuali Anda tetap harus meng-update blog Anda!), tapi tentu saja Anda harus mau mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Di bawah ini saya kasih tahu dua produk afiliasi paling populer di Indonesia yang terbukti banyak menciptakan enterpreneur-enterpreneur baru di dunia bisnis online Indonesia. Untuk bisa menjadi afliasinya Anda diharuskan menjadi member terlebih dahulu. Dijamin Anda tidak akan menyesal! Bahkan garansi uang kembali jika Anda gagal menjalankan bisnis afiliasi ini.

1. Formula Bisnis dari Pak Joko Susilo
Produknya adalah e-book (buku digital) mengenai rahasia bisnis online di internet. Bukunya sangat berkualitas dan ditulis dengan sangat jelas konsep dan langkah-langkah praktisnya. Anda akan menemui rahasia-rahasia bagaimana mereka-mereka yang berhasil menjalankan bisnis online di internet. Buku ini sudah lama diluncurkan dan merupakan salah satu pionir e-book bisnis online. Semakin hari peminat buku ini semakin banyak karena minat orang untuk menekuni bisnis online semakin meningkat terus. Disamping Anda akan mendapat ilmu yang sangat bermanfaat mengenai bagaimana mendapatkan penghasilan berlimpah dari aktivitas di internet, Anda juga dapat menjadi member program afiliasi-nya. Jutawan-jutawan baru pernah lahir dari program pak Joko Susilo ini. So, kalo berminat daftar di sini. Jika Anda merasa buku ini tidak ada manfaatnya ada garansi uang kembali.



2. Uang Panas dari Haryo Prabowo
Produknya juga e-book (buku digital) mengenai bisnis online di internet. Isinya hampir mirip dengan bukunya pak Joko Susilo, bedanya hanya gaya penulisannya saja dimana buku ini lebih bergaya "anak muda". Isinya lebih ke langkah-langkah praktis dan cerdas untuk menghasilkan uang dari internet. Tidak bertele-tele, step-by-step langsung praktek. Umur produk buku ini masih sangat muda dibandingkan dengan bukunya pak Joko Susilo, tapi perkembangannya sangat luar biasa. Sampai saat ini anak muda Indonesia yang dikenal paling berhasil di dunia bisnis online Indonesia adalah haryo Prabowo ini yang saat ini masih kuliah dan dia telah memulainya semenjak masih SMA. Mau jadi jutawan muda kayak dia ? Baca bukunya dan jalankan program afiliasinya. Sama seperti pak Joko Susilo, mas Haryo ini juga memberikan garansi uang kembali. So, gabung segera di sini.

lowongan kerja di rumah
lowongan kerja di rumah


(Updated 4 April 2009)
3. Click-Bank
Apa itu Click-Bank? Click-bank adalah website tempat menjual produk-produk digital yang paling dikenal di dunia internet affiliate marketing dan reputasinya cukup handal. Blogger-blogger asal Indonesia sempat tidak bisa mengikuti layanan ini karena di-blacklist akibat maraknya aksi pencurian kartu kredit beberapa waktu lalu oleh netters Indonesia (memalukan ya...). Tapi sekarang mereka sudah menerima lagi blogger-blogger asal Indonesia.
Cara mengikuti layanan ini hampir sama dengan dengan layanan afiliasi lainnya yang disebut di atas, hanya saja kita tidak harus membeli produk-produk clickbank (baca: gratis). Sign-up terlebih dahulu sebagai affiliate. Approve dulu keanggotannya via email yang mereka kirim lalu Anda siap untuk berjualan. Untuk memasang produk pilih menu Marketplace. Di situ Anda akan diminta untuk memilih produk-produk yang disediakan untuk ditampilkan link-nya di blog kita (mereka menyebutnya: hop-link). Saran saya, pilih produk yang mempunyai point popularity, gravity, dan %referred yang tinggi.
Perhatikan bhawa click-bank hanya akan memberikan link saja dan tidak memberikan image atau script khusus. Untuk lebih menarik ada baiknya Anda menyisipkan image atau gambar pendukung untuk disertakan pada link tersebut. Perhatikan kolom advertorial di bagian kanan bawah blog ini. Saya yakin Anda sudah tahu tahu caranya bagaimana menyisipkan image pada link seperti ini. Kalau belum tahu silahkan gooling saja, atau silahkan bertanya melalui comment di bawah. Dengan senang hati Saya bantu...

Promosikan Blog Anda
Jika Anda merasa penghasilan yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan atau pengen blog Anda cepat dikenal orang lakukan hal-hal sbb:
1. Promosikan blog Anda ke teman-teman, istri, saudara, dan teman-teman mereka. Bisa dari mulut ke mulut atau kirim email.
2. Promosikan blog Anda di situs-situs pertemanan seperti facebook, friendster, dan multiply. Jika Anda selesai memposting satu artikel, postingkan juga link-nya ke situs-situs tersebut.
3. Yang terakhir ini Anda harus mengeluarkan modal tapi hasilnya sangat efektif mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Daftar lagi di situs-situs biro iklan di atas tapi kali ini sebagai advertiser (pemasang iklan). Jangan langsung jor-joran. Anda misalnya menaruh deposit sebesar 50 ribu dulu untuk mencobanya. Iklan mengenai blog Anda akan langsung tampil di ribuan website dan blog. Perhatikan bahwa trafik blog Anda akan meningkat drastis. Jika dirasa efektif, Anda bisa melanjutkannya di bulan-bulan berikutnya, 50 ribu perbulan kayaknya tidak memberatkan.
Sebenarnya ada cara-cara lainnya lagi yang tujuannya meningkatkan trafik blog Anda, tapi sifatnya terlalu teknis dan Anda bisa mencarinya di Google dengan kata-kata kunci seperi "SEO Optimization" atau "how to increase blog traffic" dan lainnya. Tapi setidaknya tiga cara yang saya sebutkan tadi telah saya buktikan hasilnya. Salah satu blog saya dalam waktu tiga bulan berhasil menaikkan Alexa Ranking dari 5 jutaan menjadi di bawah 500 ribuan dan bulan depan berpotensi menembus ranking 200 ribuan di antara puluhan juta website di seluruh dunia. Saya punya target dalam 3 bulan ke depan sudah ada di kelompok di bawah rank 100 ribu. Bukan masalah ranking-nya, tapi perhatikan pertumbuhannya.
(Updated 4 April 2009)
4. Pasang share-link ke Facebook dan LintasBerita.com atau website news-sharing lainnya (pilih yang sudah sangat dikenal). Lihat juga bagaimana implementasi share-link di bagian bawah setiap artikel pada blog ini. Anda bisa tahu caranya dengan bertanya pada om Google atau tulis saja pertanyaan di kolom comment artikel ini.
5. Be a Facebook Member !
Facebook memang luar biasa. Membernya sudah mencapai puluhan juta orang dari seluruh dunia. Di tahun 2007 bahkan Facebook menampik tawaran Yahoo untuk dibeli dengan harga 1 milyar dollar! Bahkan melihat potensinya yang sangat luar biasa Microsoft-pun ikut membeli saham Facebook sebesar 1,6% dengan harga 240 juta dollar. Daftarkan blog Anda sebagai member di Facebook dan invite orang-orang untuk menjadi friends. Anda bisa juga memasang script untuk invite friends seperti di bagaian kanan bawah blog ini. Setiap Anda memposting satu artikel postingkan juga link-nya di wall facebook Anda.

Ukur Trafik Blog Anda
Ini sangat penting. Anda harus mengetahui perkembangan trafik blog Anda untuk menentukan strategi selanjutnya. Daftarkan blog Anda di situs-situs SEO (Search Engine Optimization) monitoring seperti :
1. Alexa.com
2. Mypagerank.net
3. Histats.com
4. Statcounter.com
Saya sendiri merekomendasikan menggunakan Statcounter karena informasinya yang sangat lengkap, real-time data dan tentu saja gratis. Baca ulasan bagaimana menggunakan Statcounter.

Jangan Pernah Menyerah!
Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Ungkapan klise ini sering kita dengar. Tapi itulah kenyataanya. Saya sendiri baru merasakan nikmatnya mendapat uang dari ngeblog setelah mengalami perasaan-perasaan frustasi seperti itu. Jangan menyerah! Apalagi Anda sama sekali tidak dirugikan dari aktivitas ini. Justru hobi menulis Anda tersalurkan dan percayalah rupiah itu akan mengalir dengan sendirinya ke rekening Anda tanpa di duga-duga. Saran saya jalankan semua metode-metode di atas terutama program afiliasi dari formula bisnisnya pak Joko Susilo atau uang panas-nya mas Haryo Prabowo (dari salah satu program afiliasi ini saya mendapatkan penghasilan terbesar). Dari produk mereka itu juga saya mendapatkan ilmu sangat berharga mengenai bagaimana berbisnis online di internet termasuk bagaimana membuat blog yang menghasilkan uang seperti blog yang saya kelola ini. Tidak ada ruginya sama sekali! Andapun bisa mengerjakannya di sela-sela waktu luang di rumah atau bahkan di kantor.

OK, semua rahasia sudah saya beberkan, setidaknya berdasarkan pengalaman saya selama ini. Jangan buang kesempatan yang sudah ada di depan mata Anda, Anda punya komputer dan sering ber-internet apalagi Anda suka ngeblog, kenapa tidak Anda manfaatkan ? Ingat peluang masih sangat terbuka. Pengguna internet makin meluas di Indonesia, jadikan mereka "klien-klien" Anda yang menghasilkan uang untuk Anda. Jika Anda sudah tahu caranya kenapa harus menunggu mereka yang nanti mendahului Anda.

Jika ada yang ditanyakan silahkan tulis di kotak komentar, dengan senang hati saya akan membantu.

Selamat ngeblog dan dapet duit!

21 comments:

  1. AeryIce said...
     

    Terima Kasih Sekali atas saran senior, saya mau tanya, adakah model pendapatan yg ketika kita publish artikel kita dibayar?, dan adakah model pendapatan yg ketika artikel kita dibaca kita mendapat uang? mohon di jawab, newbie nih mohon tuntunan, Terima KAsih.. klo sempate mampir ke www.aeryice.co.cc ya.. Lanjut kan Menulis Senior..baru dikit lho artikel nya..

  2. Mimin-ATN said...
     

    Sori ya baru baca... utk model pendapatan yg ketika kita publish artikel terus kita dibayar ya seperti sdh ditulis di atas pada bagian Menulis Review. Daftarkan saja blog Anda di layanan menulis review (lihat link-nya di atas). Di situ ada banyak pemilik website atau produsen lainnya yang butuh produknya diiklankan dalam bentuk review di blog kita (itu setelah dia memilih blog kita untuk tempat review website atau produknya). Kalau artikel kita dibaca lalu kita mendapat uang saya belum nemu model seperti ini. Model menulis review yg tadi tidak perlu artikel pesanan yg telah kita tulis harus dibaca orang, tapi asal sudah diapprove dan dipublish di blog kita. Ok, teman? Masih sedikit ya artikelnya? Hehe... Belakangan ini memang lagi sibuk luar biasa, mas... Belum lagi ngurus blog yg satu lagi (terutama yg ini karena sudah ada hasilnya). O,ya, kayaknya saya blum pantas disebut senior, deh... :)

  3. shynta said...
     

    maaf, bukannya situs-situs uang panas dan formula bisnis itu situs penipuan? aku ngelihat banyak yang koment begitu tuch.... aku sendiri gak tau apa2. masih newbie..

  4. Fadli said...
     

    ya...., aku setuju ama shynta..joko emamg penipu,coba aja search di omm google dgn word" jokosusilo penipu" anda pasti akan memenukannya...,semoga berguna..,oh..tank juga buat ilmu na...

  5. yohanes_calvin@hotmail.com said...
     

    Permisi, saya mau tanya tentang cara promosi blog yang sudah di beri iklan dari google adsense. Jika saya promosi melalui facebook dengan cara menulis alamat blog saya dan juga memberi link ke blog saya pada kotak status facebook. Apakah tidak sangat riskan untuk di banned oleh pihak google adsense?

    Satu lagi, jika saya mempromosikan blog saya melalui e-mail masal dengan memberikan link ke blog saya, apa tidak sangat riskan untuk di banned juga?
    Karena saya sering membaca blog-blog mengenai adsense, dan kata mereka, cara itu sangat riskan di banned oleh pihak adsense.

    Terima kasih.

  6. eLmo said...
     

    saya terima kasih sekali mas,,,saya masi termasuk orang awam di duniamaya maya,jadi mohon bimbingannya mas,,,
    saya masi belum mengerti tentang PPC jika kita memang dibayar dengan cara orang menklik iklan tersebut nah datangnya uang itu dari mana mas...secara kita kann gak ikut berbisnis, dan kita hanya memasang link iklan tersebut...mohon bantuannya mas y...kalo sempet tolong di bales,,,terima kasih sekali lagi

  7. Mas Dhani said...
     

    Joko Susilo dan Haryo Prabowo Penjual Mimpi... !!!

    Jangan habiskan uang percuma...

  8. Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online said...
     

    mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis =p

  9. Anonymous said...
     

    terima kasih atas postingannya mas yah...saya merasa isinya sangat bermanfaat bagi saya..di lain waktu saya akan berkunjung lagi ke blog mas..untuk melihat postingan selanjutnya

  10. Rahmad said...
     

    Info yg bagus mas,
    walau sebenernya jauh2 hari sudah mengenal mas joko (bahkan sudah membeli produk e-booknya).
    tapi baru kali ini mulai menggeliat.Mudah2an bisa.....
    ^_^

  11. eky said...
     

    wkwkwkwkkwwkwkwwk..

  12. farhan makarim said...
     

    bagus blog na. tapi bagusan punya sya cara berpikir orang pintar

  13. Sepekan info menarik said...
     

    kok bisa sih ngeblog itu jadi pekerjaan sambilan mas ?
    hahaa tapi emank bener sih udah banyak yang dapet hasil dari blog bahkan sampai bisa menghidupi keluarganya.
    Kunjung balik ke blog ane yah mas.
    Gozineinfo.com

  14. Saling indonesia said...
     

    thx tipsnya, ngeblog cerdas..good

  15. Belajar blog dan bisnis online said...
     

    Terima kasih menarik sekali artikelnya, namun yang ingin saya tanyakan adalah cara menentukan blog niche itu bagaimana ? mohon solusinya dalam memulai ngeblog

  16. Unknown said...
     

    lam kenal dari sang pemula

  17. jobcopas said...
     

    artikel bermanfaat makasih gan atas infonya. ingin kerja online silahkan kunjungi :Lowongan Kerja Online Membuka Pendaftaran

  18. sedotwcbandung-serdaduseptictank.blogspot.com said...
     

    thx gan infonya sangat bermanfaat
    mampir ya gan.....
    http://sedotwcbandung-serdaduseptictank.blogspot.com/

  19. Pengobatan Alami Penyakit Asma said...
     

    terima kasih banyak, ini nih yang di perlukan oleh para blogger

  20. Berbagai Info said...
     

    Wah makasih tipnya ya mas, ssangat berguna bg sy yg pemula banget nih

  21. Susan bowman said...
     

    KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

Post a Comment

Post a Comment